Pengamat Nilai Transisi Pemerintahan dari Jokowi ke Prabowo akan Mulus - Mading Indonesia

Post Top Ad

Pengamat Nilai Transisi Pemerintahan dari Jokowi ke Prabowo akan Mulus

Pengamat Nilai Transisi Pemerintahan dari Jokowi ke Prabowo akan Mulus

Share This

 


Kota Bandung -Pengamat Politik UIN Syarif Hidayatullah Jakarta Adi Prayitno menilai transisi pemerintahan dari masa kepemimpinan Joko Widodo (Jokowi) ke Prabowo Subianto akan berjalan mulus dan kondusif. Hal ini tidak terlepas dari banyaknya sosok orang-orang Prabowo yang selama ini disiapkan Jokowi untuk masuk dalam kabinet pemerintahannya. “Infra dan supra strukturnya sudah mulai dipersiapkan. Banyak orang-orang yang sejak lama akan diproyeksikan untuk jadi pembantunya Prabowo-Gibran, per hari ini juga sudah mulai masuk kabinet kan,” ujar Adi dalam program Obrolan Newsroom di Youtube Kompas.com, Senin (19/8/2024).

Menurut Adi, reshuffle kabinet yang baru dilakukan Jokowi juga menjadi salah satu upaya menyiapkan sosok pembantu Prabowo-Gibran. Dia mencontohkan, masuknya Rosan Perkasa Roeslani sebagai Menteri Investasi/Kepala Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM).

Kemudian Bahlil Lahadalia yang dilantik sebagai Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM). “Tentu harapannya adalah Pak Bahlil bisa melanjutkan posisinya sebagai Menteri ESDM untuk beberapa masa yang akan datang,” kata Adi. “Termasuk misalnya wamen dan kepala-kepala bagian yang dilantik juga adalah orang-orang yang juga cukup dekat dengan Prabowo dan Pak Jokowi,” sambungnya.

Sebagai informasi, Presiden Jokowi baru saja melantik tiga menteri dan satu wakil menteri pada pagi hari tadi. Selain itu, Presiden juga melantik tiga kepala badan, yang dua di antaranya adalah badan yang baru terbentuk. Para pejabat yang dilantik adalah kader Supratman Andi Agtas sebagai Menteri Hukum dan Hak Asasi Manusia (Menkumham). Kader Partai Gerindra ini menggantikan Yasonna Laoly yang merupakan kader PDI-P. Kemudian, Bahlil Lahadalia dilantik menjadi Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM), menggantikan Arifin Tasrif. Ketiga, Rosan Perkasa Roeslani dilantik menjadi Menteri Investasi sekaligus Kepala Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM). Rosan yang dikenal sebagai Ketua Tim Pemenangan Prabowo-Gibran di Pilpres 2024 ini menggantikan Bahlil yang sebelumnya menduduki posisi tersebut.

Kemudian, ada Hasan Nasbi yang dilantik sebagai Kepala Kantor Komunikasi Kepresidenan. Selanjutnya ada, Taruna Ikrar dilantik sebagai Kepala Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM), menggantikan Penny Lukito. Jokowi juga melantik Dadan Hindayana, dosen Institut Pertanian Bogor sebagai Kepala Badan Gizi Nasional.

No comments:

Post a Comment

Post Bottom Ad

Pages